NAGARI TUJUAH KOTO TALAGO KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMAPULUH KOTA

Artikel

LOGO/LAMBANG RESMI NAGARI VII KOTO TALAGO

27 Januari 2021 12:18:52  arismon  1.803 Kali Dibaca  Berita Desa
Logo merupakan identitas dari suatu entitas, banyak unsur mewakili dan harapan untuk tujuah koto yang ada didalam logo, Balai adat dengan ke-7 gonjongnya yang mewakili 7 Jorong.
atap yang berwarna hitam, hitam melambangkan pangulu, akal, budi, tahan tapo, yang memayungi Tujuah Koto, insyaALLAH. gonjong utama terdapat puncak bulan bintang dengan model "masojik lamo" posisinya yang lebih tinggi menjelaskan dan mempertegas posisi agama (Syara') dalam adat yang diwakili gonjong sebagaimana falsafah Minangkabau #ABSSBK
tugu PDRI dipintu Utama, tiang tengah/Utama dibawah gonjong & bulan bintang, warna merah menggambarkan dubalang, raso jo pareso & keberanian yang bertujuan menegakkan #ABSSBK 7 Koto kaya akan sejarah terutama PDRI yang merupakan dengan peristiwa penting dalam menjaga keutuhan NKRI dan Bela Negara.
warna lambang nagari 7 koto adalah Kuning, Tujuah koto punyo Rajo (Rajo Ronah), yang diwakili dengan warna dinding dari Balai adat. Kuning melambangkan manti, keagungan, undang & Syara', Kuning juga melambangkan kemakmuran & kesuksesan dalam pertanian.
Dilogo paling bawah menggambarkan pertanian (perekonomian), diwakili oleh angka 7 (jumlah Jorong) dengan gambar bedengan (gundukan) yang semakin menguning keatas melambangkan kesuksesan pertanian di Nagari 7 koto yang mendatangkan kemakmuran.
sehingga jika dilihat dari logo bagian bawah keatas, dapat diartikan dengan suksesnya pertanian di 7 koto (angka 7 & bedengan), insyaAllah mendatangkan kesejahteraan & kemakmuran ekonomi masyarakatnya (semakin keatas semakin menguning) yang menjadi sumber kekuatan, belajar dari sejarah, keberanian (warna merah & tugu PDRI) & pondasi masyarakat untuk terciptakan Nagari yang beradat dan berlembaga (dinding Balai dan warna Kuning) dilindungi dan dipayungi oleh para penghulu niniak mamak, alim Ulama, cadiak pandai (warna hitam, gonjong dan bulan bintang) yang berujung pada penerapan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi kitabuLLAH.
 
logo resmi 7koto

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Peta Desa

Aparatur Nagari

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl.Tan Malaka KM 17 Payakumbuh
Nagari : TUJUAH KOTO TALAGO
Kecamatan : Guguak
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26253
Telepon : 0752748458
Email : tujuahk@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:76
    Kemarin:218
    Total Pengunjung:139.206
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.138.125.2
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel